Waspadai Gangguan Saluran Pernapasan yang Terjadi Berulang Kali!

waspada gangguan pernasapan yang sering terjadi

Seperti sistem tubuh lainnya, sistem pernapasan memiliki peran yang vital dalam kehidupan manusia. Pasalnya, otak, jantung, dan organ tubuh lainnya membutuhkan oksigen yang disalurkan melalui sistem pernapasan. Dengan kata lain, ketika sistem pernapasan mengalami gangguan, kinerja organ serta sistem tubuh lainnya pun dapat terpengaruh bahkan ikut terhambat. Oleh karena itulah Anda harus segera ke dokter ketika mengalami gangguan saluran pernapasan.

Gangguan saluran pernapasan ada banyak macamnya. Oleh karena itulah ketika mengalami gejala gangguan pernapasan tertentu seperti sesak napas dan kesulitan bernapas, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Berikut ini beberapa penyakit gangguan pernapasan yang perlu diketahui:

  • Asma
gangguan pernapasan asma

Penyakit gangguan saluran pernapasan yang pertama adalah asma. Penyakit ini termasuk salah satu yang umum karena dapat dipicu oleh banyak hal mulai dari alergi, udara dingin, debu, bulu binatang, asap, terpapar zat kimia, hingga infeksi virus.

Asma merupakan peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan karena sistem pernapasan pengidap asma lebih sensitif dibanding orang lain yang tidak mengidap penyakit ini. Karena hal inilah asma termasuk salah satu penyakit gangguan pernapasan dengan risiko kambuh yang tinggi.

Oleh karena itulah untuk mengatasi asma, dokter biasanya akan menerapkan dua metode, yaitu metode untuk meredakan gejala dan metode agar asma tidak kambuh. Misalnya dengan meminta pasien untuk menghindari hal-hal yang dapat memicu kekambuhan penyakit.

  • Tuberkulosis atau TBC

Tuberkulosis alias TBC merupakan penyakit gangguan saluran pernapasan yang disebabkan oleh kuman, yaitu bakteri Mycobacterium tuberkulosis. Gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah batuk yang berlangsung lama. Selain itu, penderita TBC juga dapat mengalami gejala lain seperti lemas, demam, nyeri dada, tidak nafsu makan, berat badan turun, serta berkeringat di malam hari.

Bakteri penyebab TBC ditularkan melalui percikan ludah yang keluar dari penderita TBC, misalnya ketika batuk, berbicara, maupun bersin. Meski dapat dialami olah semua orang, tuberkulosis lebih rentan menyerang seseorang yang memiliki kekebalan tubuh rendah.

Untuk sembuh dari tuberkulosis, penderitanya harus mengonsumsi obat-obatan sesuai resep dokter dalam waktu yang lama, yaitu minimal 6 bulan. Biaya yang dibutuhkan untuk menyembuhkan penyakit ini pun tidak sedikit. Oleh karena itulah pencegahan tuberkulosis perlu dilakukan baik melalui vaksin BCG, memakai masker ketika dalam keramaian, maupun menutup mulut ketika tertawa, bersin, dan batuk.

  • Bronkitis
kesehata pernapasan Bronkitis

Bronkitis merupakan penyakit gangguan saluran pernapasan yang berupa peradangan pada bronkus yang menjadi saluran utama pernapasan. Gejala bronkitis yang umum adalah batuk yang berlangsung selama sekitar satu minggu atau lebih.

Jika tuberkulosis disebabkan oleh infeksi bakteri, bronkitis disebabkan oleh infeksi virus. Oleh karena itulah penyakit ini rentan terjadi pada orang-orang yang memiliki sistem imun lemah, seperti anak-anak serta perokok.

Bronkitis dibagi menjadi dua macam, yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Bronkitis akut adalah penyakit bronkitis yang dapat pulih dengan sendirinya dalam waktu 1 mingu hingga 10 hari. Penyakit ini biasanya dialami oleh anak yang usianya di bawah 5 tahun. Sementara itu, bronkitis kronis adalah penyakit bronkitis yang kerap dialami oleh orang dewasa dengan rentang usia 40 tahun ke atas. penyakit ini dapat berlangsung hingga 2 bulan.

  • Pneumonia
Paru-paru basah atau pneumonia

Paru-paru basah atau yang dalam istilah medis disebut pneumonia adalah peradangan yang terjadi pada alveoli alias kantung-kantung udara pada paru-paru. Peradangan pada alveoli ini akan menyebabkan kantung-kantung tersebut dipenuhi dengan cairan atau nanah. Akibatnya, penderita penyakit ini akan mengalami kesulitan bernapas. Selain sesak napas, pneumonia juga ditandai dengan gejala lain seperti demam, batuk, menggigil, serta kelelahan.

Pneumonia disebabkan oleh infeksi virus, jamur, atau bakteri. Namun, penyebab pneumonia yang kerap terjadi pada orang dewasa adalah infeksi bakteri.

Pencegahan pneumonia dapat dilakukan dengan vaksinasi, mencukupi asupan nutrisi, tidak merokok, menjaga kebersihan, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, serta menjaga jarak dengan orang yang sedang pilek atau batuk.

Namun, jika sudah terlanjur terkena pneumonia, Anda direkomendasikan untuk segera ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat serta menghindari komplikasi. Dokter biasanya akan memberikan obat untuk meredakan gejala yang muncul, termasuk memberikan oksigen tambahan jika pasien kesulitan bernapas.

Pada kasus gangguan saluran pernapasan seperti asma, pneumonia, serta bronkitis yang termasuk penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), pengobatan terkadang dilakukan menggunakan obat hirup yang dapat diaplikasikan menggunakan suatu alat yang disebut nebulizer. Apabila terdapat dahak, suction pump mungkin akan digunakan untuk mengeluarkan dahak tersebut.

Daripada beli yang biayanya mahal, kami menyediakan sewa alat bantu pernapasan untuk Anda maupun keluarga yang terkena penyakit pernapasan atas

Dalam proses pengobatan penyakit gangguan pernapasan, Anda dapat menyewa nebulizer dan suction pump pada RumahMedis.com di sekitar area Malang, Surabaya, Mojokerto, Sidoarjo, Karawang, Yogyakarta, Klaten, dan Solo sehingga tidak perlu membeli kedua alat medis tersebut.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Artikel terkait

Sewa oxymeter digital medis murah

Sewa Oxymeter Digital

Sewa oxymeter digital kualitas medis Murah untuk mengukur kadar oksigen dalam darah, kualitas medis dan mudah digunakan. Proses sewa cepat dan murah

Sewa Tensimeter Digital Murah

Sewa Tensimeter Digital Murah

Sewa tensimeter digital murah untuk mengukur tingkat tekanan darah secara digital. Kualitas medis, membaca lebih akurat, penggunaan mudah

Hubungi Kami

rumahmedis.com buka:
Senin – Jumat
09.00 – 17.00 WIB

Cabang rumahmedis.com :
Surabaya, Yogyakarta, Solo, Malang, Sidoarjo, Klaten, Mojokerto, Karawang

Pembayaran

pembayaran sewa alat medis

Pengiriman

pengiriman menggunakan kurir toko

Produk dirikim oleh kurir kami yang berpengalaman, serta dibersihkan sebelum dikirim.

© Copyright 2020 – rumahmedis.com