Tips Rahasia Lansia Tetap Sehat Sampai Tua – Yuk Coba ke Ortu Tercinta

tips rahasia lansia tetap sehat sampai tua

Seiring bertambahnya usia orang tua, fungsi tubuhnya akan mulai mengalami penurunan. Perubahan fisik pada masa lansia bisa terihat dari perubahan fisiologis maupun perubahan biologis. Proses penuaan yang akan dialami manusia umumnya berawal dari munculnya keriput, menurunnya kekencangan kulit, sistem kekebalan tubuh yang perlahan mulai melemah, fungsi tulang yang mulai menurun, hingga kemunculan berbagai jenis penyakit.

Tahapan ini tentunya tidak pasti dialami semua orang. Artinya, tidak semua orang mengalami fase terkena penyakit atau komplikasi. Semua tentu bergantung pada gaya hidup semasa muda. Penyakit yang terjadi di usia lanjut, bukan hanya disebabkan karena penuaan melainkan juga penumpukan kebiasaan hidup yang buruk di masa muda.

Jika pola hidup semasa muda tidak diperhatikan, bukan tidak mungkin penyakit di masa tua akan turut serta seiring proses penuaan. Karena itulah, penampilan penyakit pada usia lanjut seringkali berbeda dengan yang ada pada orang dewasa muda. Bisa jadi, proses penyembuhan penyakit di usia lanjut lebih lama dibandingkan saat dewasa muda dengan penyakit yang sama.

Itulah pentingnya menjaga kesehatan orang tua kita. Saat bertambah usia, bukan berarti orang tua tidak lagi diperhatikan pola hidup yang baik dan benar. Sebab, meski tidak bisa dihentikan, penuaan sangat mungkin diperlambat. Penyesuaian gaya hidup saat lansia dapat membantu orang tua mencegah berbagai penyakit serius, termasuk juga penyakit pada tulang dan alat vital lainnya. Lantas, seperti apa rahasia sehat lansia?

  • Tetap aktif dan produktif
tetap aktif di usia lansia

Memasuki masa lansia, mungkin banyak di antara ortu tersayang yang menghabiskan waktu di rumah dan beristirahta sepanjang hari ketimbang tetap melakukan aktivitas di luar ruangan. Hal ini tentu pola hidup yang kurang baik. Faktanya, tetap aktif bergerak dan olahraga ringan dapat menjaga fisik dan mental lansia tetap bugar dan sehat. Melakukan hobi yang disukai agar tetap produktif, juga bisa membuat lansia tetap dalam kondisi tubuh dan mental yang prima.

  • Menjaga berat badan ideal
jaga berat badan ideal di usia lansia

Obesitas atau kelebihan berat badan bisa meningkatkan resiko berbagai penyakit serius, seperti jantung, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes tipe 2, gangguan tidur, osteoarthtitis, hingga beberapa jenis kanker. Tentu saja hal ini juga berlaku untuk orang tua kita. Oleh karenanya, meski sudah dalam usia lanjut, penting bagi ortu untuk selalu menjaga tubuh pada ukuran yang ideal.

  • Konsumsi makanan sehat dan rutin periksa kesehatan
makanan sehat untuk lansia

Aktif bergerak dan rajin berolahraga tidak cukup dikatakan gaya hidup sehat. Pola makan yang baik juga perlu ditingkatkan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Utamakanlah makanan yang sehat untuk tubuh, bukan yang semata-mata enak namun tinggi lemak. Selain itu, rutinlah memeriksakan kesehatan ke dokter untuk memastikan kesehatan organ dalam ortu.

  • Istirahat cukup

Cobalah untuk melakukan kebiasaan tidur yang cukup dan berkualitas. Tujuannya agar tubuh kembali bekerja secara optimal di keesokan hari. Beberapa hal yang bisa membantu ortu untuk mendapatkan tidur berkualitas adalah tidak bersentuhan dengan televisi atau gadget minimal satu jam sebelum tidur, pastikan ruangan tenang, dan hindari berkegiatan di kamar, seperti bekerja.

  • Menjaga ingatan tetap kuat

Selain fisik, ingatan lansia juga penting diperhatikan. Otak perlu latihan rutin agar tetap aktif dan menjaga daya ingat lansia tetap kuat. Melatih otak tetap aktif juga bermanfaat untuk mencegah penurunan kemampuan kognitif dan gangguan ingatan yang banyak menyerang lansia. Semakin aktif berkegiatan dan berpikir, semakin tajam pula kemampuan otak lansia.

  • Menjaga kesehatan tulang
jaga kondisi tulang agar sehat

Penting sekali bagi orang tua untuk senantiasa menjaga kesehatan tulang. Ada banyak yang bisa dilakukan untuk menjaga tulang dan sendi tetap dalam kondisi prima, salah satunya dengan berenang. Gerakan renang bisa membangun kekuatan otot dan meningkatkan fleksibilitas tubuh. Selain renang, berjalan kaki juga sangat dianjurkan.

Khusus permasalahan tulang, kerapkali orang tua mengalaminya. Jika tidak tetap dilakukan perawatan, maka yang paling sering muncul adalah penyakit pengeroposan tulang atau osteoporosis. Untuk itu, penting sekali menjaga kesehatan tulang orang tua kita. Jika sudah terkena penyakit pada tulang dan persendian sebaiknya gunakan tongkat bantu jalan, salah satunya tongkat walker.

Tongkat walker merupakan alat bantu jalan yang memiliki dua gagang sebagai tempat pegangan dan empat kaki sebagai penumpu. Alat ini biasa digunakan ortu untuk tumpuan berjalan, membantu keseimbangan, memperlebar langkah, serta meringankan beban pada kaki dan persendian. Dengan begitu, resiko sakit pada tulang kaki dan persendian bisa diatasi. Anda bisa sewa tongkat Walker untuk orang tua tercinta di RumahMedis.com

Selain itu biar lebih nyaman juga bisa sewa kursi roda, ini tentu lebih nyaman dan menyenangkan untuk orang tua kesayangan kita. Sehingga bisa digunakan keliling rumah ataupun diajak jalan-jalan 🙂

Sudah banyak toko alat bantu medis yang menjual berbagai jenis tongkat, termasuk juga tongkat walker yang biasa digunakan lansia. Ada banyak sekali model yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Anda yang tinggal di sekitar Karawang, Yogyakarta, Solo, Klaten, Mojokerto, Malang, Sidoarjo, hingga Surabaya bisa menyewa tongkat walker rumahmedis.com.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Artikel terkait

Sewa oxymeter digital medis murah

Sewa Oxymeter Digital

Sewa oxymeter digital kualitas medis Murah untuk mengukur kadar oksigen dalam darah, kualitas medis dan mudah digunakan. Proses sewa cepat dan murah

Sewa Tensimeter Digital Murah

Sewa Tensimeter Digital Murah

Sewa tensimeter digital murah untuk mengukur tingkat tekanan darah secara digital. Kualitas medis, membaca lebih akurat, penggunaan mudah

Hubungi Kami

rumahmedis.com buka:
Senin – Jumat
09.00 – 17.00 WIB

Cabang rumahmedis.com :
Surabaya, Yogyakarta, Solo, Malang, Sidoarjo, Klaten, Mojokerto, Karawang

Pembayaran

pembayaran sewa alat medis

Pengiriman

pengiriman menggunakan kurir toko

Produk dirikim oleh kurir kami yang berpengalaman, serta dibersihkan sebelum dikirim.

© Copyright 2020 – rumahmedis.com