Tips Perawatan Patah Tulang yang Tepat

tips perawatan patah tulang

Patah tulang atau dalam bahasa medis disebut fraktur merupakan suatu kondisi tulang yang terputus, baik sebagian maupun hancur seluruhnya. Banyak faktor penyebab terjadinya fraktur, di antaranya tekanan yang keras, benturan, cedera olahraga, hingga penyakit tulang rapuh atau osteoporosis. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga usia lanjut.

Gejala yang paling sering ditemukan saat patah tulang terjadi adalah nyeri yang hebat di area benturan, memar yang tidak biasa, bentuk fisik jadi berbeda, adanya benjolan keras seperti tulang yang menonjol keluar disertai dengan rasa nyeri, hingga pembengkakan. Tingkat cedera patah tulang pun berbeda-beda, ada yang ringan dan berat hingga mengalami disposisi dan kerapuhan.

Ketika Anda mengalami cedera patah tulang seperti ini, mulanya mungkin akan kebingungan mengenai perawatan apa saja yang harus dijalankan. Anda tidak perlu khawatir, pertolongan yang paling tepat adalah menghubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya dokter akan memvalidasi kondisi patah tulang dengan menggunakan alat medis, seperti rotgen ataupun CT scan.

Perawatan Patah Tulang yang Bisa Dilakukan di Rumah

perawatan patah tulang dirumah

Setelah dilakukan pengobatan, proses pemulihan dan perawatan patah tulang penting dilakukan guna memastikan tulang betul-betul kembali sempurna di struktur yang tepat. Karenanya, sangat penting dilakukan perawatan patah tulang agar tulang yang patah bisa digunakan kembali.

  • Rutin check up ke dokter

Jangan pernah lewatkan langkah perawatan patah tulang yang satu ini. Ingat, pemulihan patah tulang memerlukan waktu yang cukup lama dan menantang. Oleh karenanya, setelah melakukan operasi, rutinlah memeriksakan kondisi tulang yang patah ke dokter guna mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

  • Lakukan perawatan dari dalam

Perawatan fisik memang penting untuk mempercepat pemulihan tulang yang patah. Namun, lebih penting dari itu, perawatan dari dalam juga perlu diperhatikan. Perawatan dari dalam maksudnya adalah meningkatkan konsumsi makanan yang tinggi nutrisi. Dalam masa perawatan patah tulang, konsumsilah makanan yang tinggi protein. Kolagen adalah protein yang cukup penting menyusun tulang. Anda bisa mendapatkannya dari konsumsi kacang almond, edameame, daging merah, susu, dada ayam, telur, dan sebagainya.

Selanjutnya, perbanyak juga makanan tinggi antioksidan. Saat patah tulang, jaringan yang rusak bisa menghasilkan radikal bebas. Antioksidan bisa menakan efek destruktif dari radikal bebas dan mempercepat penyembuhan tulang. Tak lain dan tak bukan, Anda juga perlu banyak mengkonsumsi kalsium. Selain susu, Anda bisa mendapatkan sumber kalsium dari keju, yoghurt, kacang-kacangan, edamame, tempe, tahu, telur, brokoli, hingga alpukat. Konsumsi juga zinc, vitamin C, vitamin D, dan vitamin K untuk mempercepat pengikatan kalsium ke tulang, sehingga proses pemulihan bisa semakin cepat.

  • Hindari mengangkat beban berat

Sampai tiba saatnya dokter melepas gips atau pen pada tulang pasca operasi patah tulang, hindari mengangkat beban berat terlebih dahulu atau terlalu banyak bergerak. Hindari pula mengemudi agar tulang terhubung dengan baik dan fungsinya kembali normal. Jika harus melakukan aktivitas, lakukanlah perlahan agar tidak menimbulkan masalah baru.

  • Rajin melakukan fisioterapi
rutin fisioterapi untuk patah tulang

Biasanya dokter akan merekomendasikan untuk melakukan terapi ke fisioterapi sebagai perawatan untuk mempercepat proses pemulihan tulang yang patah. Latihan yang dilakukan biasanya berupa peregangan dan latihan kekuatan otot. Tujuan dilakukannya fisioterapi ini adalah untuk membiasakan bergerak pada tulang yang kaku dan melatih fungsi otot sekitar tulang.

  • Gunakan alat penyangga patah tulang

Selain terapi, dokter juga biasanya akan menyarankan Anda untuk menggunakan alat medis berupa penyangga, seperti sewa tongkat bantu jalan jika cedera patah tulang cukup parah di bagian kaki. Tujuannya agar tulang yang patah tidak menopang beban yang berat. Namun, sebaiknya Anda betul-betul memperhatikan penggunaan tongkat kruk yang baik dan benar.

penggunaan tongkat bantu jalan untuk patah tulang

Terkait dengan penggunaan tongkat berjalan yang benar, Anda perlu betul-betul menyesuaikan ukuran tongkat jalan dengan tinggi badan. Pastikan Anda mengaturnya dengan tepat, sehingga nyaman digunakan. Jangan lupa untuk memilih tongkat kruk dengan bantalan yang empuk dan berkualitas baik agar bagian ketiak Anda tidak terasa sakit.

Oleh karenanya, jika ingin membeli tongkat kruk, pastikan alat tersebut memiliki kualitas yang baik. Asal-asalan memilih tongkat kruk, justru berakibat pada gagalnya pemulihan dan perawatan yang dilakukan pada tulang kaki pasca patah. Memastikan tongkat kruk yang berkualitas tentunya tidak mudah, Anda harus melakukan survey dan percobaan berkali-kali.

Anda bisa terlebih dahulu sewa alat bantu ini jika masih ingin mencoba-coba. Mengingat, alat ini tidak selalu cocok hanya dengan sekali pakai. Terlebih lagi, tongkat kruk hanya digunakan sementara guna mendukung perawatan patah tulang hingga proses pemulihan selesai dilakukan. Anda bisa melakukan sewa tongkat kruk dan alat medis lainnya di rumahmedis.com. Area sewa di sekitar Karawang, Yogyakarta, Solo, Klaten, Mojokerto, Malang, Sidoarjo, hingga Surabaya.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Artikel terkait

Sewa oxymeter digital medis murah

Sewa Oxymeter Digital

Sewa oxymeter digital kualitas medis Murah untuk mengukur kadar oksigen dalam darah, kualitas medis dan mudah digunakan. Proses sewa cepat dan murah

Sewa Tensimeter Digital Murah

Sewa Tensimeter Digital Murah

Sewa tensimeter digital murah untuk mengukur tingkat tekanan darah secara digital. Kualitas medis, membaca lebih akurat, penggunaan mudah

Hubungi Kami

rumahmedis.com buka:
Senin – Jumat
09.00 – 17.00 WIB

Cabang rumahmedis.com :
Surabaya, Yogyakarta, Solo, Malang, Sidoarjo, Klaten, Mojokerto, Karawang

Pembayaran

pembayaran sewa alat medis

Pengiriman

pengiriman menggunakan kurir toko

Produk dirikim oleh kurir kami yang berpengalaman, serta dibersihkan sebelum dikirim.

© Copyright 2020 – rumahmedis.com