Penyakit Asma, Penyebab, Gejala dan Tips Pengobatan Yang Bisa Dicoba

Penyakit Asma, Penyebab, Gejala dan Tips Pengobatan Yang Bisa Dicoba

Penyakit gangguan pernapasan merupakan penyakit yang harus ditangani dengan serius. Pasalnya, terlambat sedikit saja dapat menyebabkan hal fatal karena kurangnya asupan oksigen di dalam tubuh. Di antara berbagai penyakit gangguan pernapasan, asma adalah salah satu yang kerap terjadi.

Asma ditandai dengan penyempitan serta peradangan pada saluran pernapasan. Akibatnya, penderitanya pun mengalami sesak dan kesulitan bernapas. Selain sesak napas, asma juga ditandai dengan gejala lain seperti batuk-batuk, mengi, dan nyeri dada. Ini karena pengidap asma memiliki saluran pernapasan yang lebih sensitif dibanding orang lain yang tidak mengidap asma. Pada pengidap asma, otot-otot saluran pernapasan akan menyempit dan kaku ketika paru-paru teriritasi akibat zat pemicu asma.

pemicu asma yang perlu anda tahu

Pemicu asma yang paling umum adalah bakteri yang berasal dari debu, yaitu bakteri yang bernama endotoxin. Bakteri ini umumnya ada pada perkakas rumah, terutama di kamar tidur. Selain bakteri endotoxin, ada banyak zat pemicu asma lainnya, seperti bulu binatang, rokok, udara dingin, aktivitas fisik, paparan zat kimia, emosi berlebihan, alergi makanan, infeksi paru-paru dan saluran napas bagian atas, serta pekerjaan tertentu (tukang kayu, las, pekerja pabrik tekstil).

Gejala Asma

gelaja asma yang perlu diperhatikan

Asma dapat diderita oleh orang-orang dari semua golongan usia, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Gejala asma yang timbul dapat beragam seperti sesak dada, batuk, sesak napas, dan mengi. Gejala batuk yang timbul karena asma biasanya muncul pada malam atau dini hari. Gejala pada penderita asma umumnya memiliki pola tertentu dengan ciri sebagai berikut:

  1. Gejala datang dan pergi seiring waktu atau di hari yang sama.
  2. Gejala dimulai atau diperburuk dengan infeksi virus seperti pilek.
  3. Gejala lebih buruk di malam hari atau di pagi hari.
  4. Munculnya gejala dipicu oleh aktivitas olahraga, udara dingin, alergi, maupun hiperventilasi karena emosi berlebihan (tertawa atau menangis).

Pengobatan Asma

pengobatan asma untuk kamu ketahui

Ada dua hal yang perlu dilakukan dalam pengobatan asma, yaitu meredakan gejala dan mencegah gejala timbul kembali (kambuh). Karena dua hal ini penting dilakukan agar penderita asma segera membaik, menjalani pengobatan dengan panduan dokter sangat disarankan.

Untuk mencegah gejala asma agar tidak kambuh atau muncul kembali, pengidap asma juga perlu menghindari beberapa hal yang menjadi pemicu kambuhnya asma. Dalam pengobatan asma, dokter biasanya akan merekomendasikan inhaler untuk mengatasi gejala yang muncul.

Namun, apabila inhaler tidak memungkinkan untuk digunakan, misalnya karena penderita asma tidak mampu menggunakannya atau dosis obat yang diberikan terlampau tinggi, nebulizer adalah alat yang dapat dijadikan alternatif untuk meredakan gejala asma.

Nebulizer adalah alat yang mirip dengan inhaler. Bedanya, nebulizer tidak menyemprotkan obat seperti inhaler, melainkan bekerja dengan menguapkan obat yang semula berbentuk cair agar dapat dihirup oleh penderita asma dengan mudah. Dengan cara itulah obat dapat dimasukkan ke dalam paru-paru penderita asma melalui sistem pernapasan tanpa mengganggu sistem lain di dalam tubuh.

sewa nebulizer murah

Nebulizer terdiri dari seperangkat alat yang berupa masker atau corong mulut, kompresor udara, tabung kompresor, serta wadah obat atau cangkir nebulizer. Di wadah obat tersebutlah obat yang diberikan dokter akan diuapkan baik obat asma, obat pengencer dahak, maupun obat antiradang. Klik disini untuk >> sewa nebulizer murah untuk Anda maupun orang

Dengan penggunaan nebulizer, penderita asma dapat diberi obat untuk mengurangi peradangan maupun sesak napas. Selain itu, alat ini juga dapat digunakan untuk mencegah gejala asma agar tidak kambuh atau muncul kembali melalui terapi aerosol.

Selain nebulizer ada lagi alat lain yang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pada saluran pernapasan, yaitu suction pump. Seperti namanya, suction pump merupakan alat yang digunakan untuk menyedot cairan yang tidak diinginkan dari dalam tubuh.

Dalam kasus gangguan pernapasan seperti asma, cairan yang tidak dibutuhkan ini adalah lendir atau dahak yang timbul akibat gejala asma seperti batuk. Klik >> sewa suction pump murah

Dahak ini perlu dikeluarkan agar saluran pernapasan menjadi bersih dan udara dapat keluar masuk dengan mudah. Namun, sebelum menggunakan alat tersebut, pastikan Anda telah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar proses pengobatan asma berjalan lancar.

Dengan menyewa nebulizer serta suction pump di rumahmedis, Anda dapat mengalokasikan uang yang seharusnya untuk membeli alat menjadi uang tambahan untuk membeli obat dan perawatan. Dengan begitu, Anda maupun anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit asma dapat diobati dengan segera agar gejalanya mereda. Selain itu, gejala asma juga dapat ditekan agar tidak kambuh atau muncul kembali.

Untuk menggunakan alat seperti nebulizer dan suction pump, Anda tidak perlu membeli. Selain karena harga alat yang mahal, Anda juga dapat sewa alat bantu pernapasan tersebut di Rumahmedis.com yang area penyewaaannya luas mulai dari Karawang, Klaten, Solo, Yogyakarta, Sidoarjo, Mojokerto, Malang, hingga Surabaya.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Artikel terkait

Sewa oxymeter digital medis murah

Sewa Oxymeter Digital

Sewa oxymeter digital kualitas medis Murah untuk mengukur kadar oksigen dalam darah, kualitas medis dan mudah digunakan. Proses sewa cepat dan murah

Sewa Tensimeter Digital Murah

Sewa Tensimeter Digital Murah

Sewa tensimeter digital murah untuk mengukur tingkat tekanan darah secara digital. Kualitas medis, membaca lebih akurat, penggunaan mudah

Hubungi Kami

rumahmedis.com buka:
Senin – Jumat
09.00 – 17.00 WIB

Cabang rumahmedis.com :
Surabaya, Yogyakarta, Solo, Malang, Sidoarjo, Klaten, Mojokerto, Karawang

Pembayaran

pembayaran sewa alat medis

Pengiriman

pengiriman menggunakan kurir toko

Produk dirikim oleh kurir kami yang berpengalaman, serta dibersihkan sebelum dikirim.

© Copyright 2020 – rumahmedis.com