Penting! Ini Pertolongan Pertama Ketika Patah Tulang

hubungi dokter untuk pertolongan pada patah tulang

Anda atau keluarga tengah mengalami patah tulang? Tenang, jangan buru-buru panik saat Anda mengalami cedera yang satu ini. Patah tulang adalah kondisi tulang menjadi patah, retak, atau bahkan pecah, sehingga menjadikan tulang yang kuat berubah bentuk. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya tekanan atau benturan kuat pada tulang melebihi kapasitasnya untuk menahan beban tersebut.

Tulang yang patah dapat terjadi di bagian tubuh mana saja. Namun, biasanya terdapat bagian-bagian tubuh yang rentan, seperti daerah persendian, bahu, betis, engkel dan tungkai, pergelangan dan lengan, tulang belakang, tulang rusuk, hingga pinggul. Ada banyak penyebab patah tulang, bisa karena kecelakaan, osteoporosis, cedera olahraga, atau cedera lainnya.

Setiap individu sebenarnya berpotensi mengalami patah tulang. Menurut beberapa penelitian, anak-anak memiliki resiko patah tulang lebih rendah (sekitar 10%) dibandingkan mereka yang usianya di atas 50 tahun (mencapai 25% – 50%). Seringkali pula orang tidak menyadari nyeri tulang yang dirasakan adalah akibat patah tulang. Lantas, seperti apa ciri-ciri orang mengalami patah tulang?

Tanda dan gejala patah tulang pada setiap orang sebetulnya berbeda-beda, tergantung dari lokasi patahan, jenis, hingga tingkat keparahan yang dialami. Namun, secara umum patah tulang memiliki tanda, seperti memar, rasa nyeri yang cukup parah dan intens, pembengkakan di area tulang yang nyeri, perubahan bentuk fisik, sulit menggerakan bagian tubuh di area patahan, hingga kesemutan dan mati rasa di area tubuh yang nyeri. Seperti yang sudah dikatakan, jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, baiknya jangan panik. Lakukan langkah berikut:

  • Tetap tenang, jangan banyak bergerak
pertolongan pertama pada pada tulang

Baik Anda yang mengalami atau Anda sebagai penolong orang yang patah tulang, sebaiknya tenangkan diri dan tidak panik. Panik akan membuat keadaan semakin kacau dan membuat Anda tidak bisa melakukan pertolongan pertama. Untuk itu, sebaiknya tenang dan jangan banyak bergerak, kecuali perlu. Hal ini dilakukan untuk mencegah cedera lanjutan.

  • Amati area yang diduga mengalami patahan
Amati area yang diduga mengalami patahan

Periksa dengan teliti, apakah pasien mengalami lua terbuka pada area tulang yang diduga patah. Jika terdapat luka terbuka, alih-alih memindahkan posisi pasien, sebaiknya bersihkan kotoran sekitar luka terlebih dahulu untuk mencegah infeksi bakteri. Caranya tidak boleh sembangan dan tidak disarankan menyiram atau menggosok luka dengan benda apapun. Sebaiknya ambil kain bersih untuk menutupi luka.

  • Kurangi pembengkakan

Jika terjadi pembengkakan di area nyeri, Anda bisa membantu mengompresnya dengan air dingin atau es. Namun demikian, tidak disarankan untuk langsung menyiramkan air dingin atau menempelkan es pada area pembengkakan. Balutlah es dalam handuk kain terlebih dahulu, baru kompres ke area cedera.

  • Stabilkan kondisi

Jangan buru-buru dipindah posisi atau diangkat, coba stabilkanlah dulu kondisi luka atau patahan pada pasien. Cara ini bisa dilakukan dengan memasak bidak kayu dan memlilitnya dengan kain kasa pada area cedera. Tujuannya agar tulang tidak bergerak.

  • Hubungi petugas medis segera
hubungi dokter bila patah tulang

Penting sekali untuk segera menghubungi tim medis guna meminta bantuan lebih profesional. Jika tidak bisa mengantarkan pasien sendiri, mintalah rumah sakit untuk mendatangkan ambulans untuk menjemput pasien. Sembari menunggu kedatangan petugas medis atau membawa pasien ke rumah sakit, sebaiknya lakukanlah beberapa langkah pertolongan pertama pada patah tulang seperti langkah-langkah yang sudah dijelaskan dengan tujuan meringankan rasa sakit dan nyeri hebat yang dirasaan pasien.

Setelah memberikan pertolongan pertama pada pasien patah tulang, saatnya dokter yang mengambil alih untuk menangani pasien. Sebelum pengobatan dilakukan, biasanya dokter akan mengkonfirmasi area tulang yang patah secara valid dengan melakukan beberapa tes, seperti pemeriksaan fisik, Sinar-X atau Rontgen, CT Scan, hingga Scan MRI.

Jika sudah dapat dipastikan seperti apa posisi patahnya tulang, barulah dokter akan melakukan tindakan. Pada beberapa kasus cedera patah tulang yang parah, biasanya dokter akan melakukan operasi patah tulang untuk meletakan pen agar tulang menyatu kembali. Baik cedera patah tulang ringan maupun parah, umumnya dokter selalu menyarankan pasien untuk melalui beberapa tahapan proses pemulihan.

Dalam proses pemulihan ini, pasien akan disarankan untuk memakai alat medis, seperti tongkat alat bantu jalan untuk patah tulang kaki. Tujuannya adalah agar bagian tulang yang patah, tidak menahan beban terlalu berat. Sehingga, tulang yang patah bisa lebih cepat difungsikan secara normal kembali. Penggunaan alat bantu medis ini juga berfungsi untuk menyangga tulang yang patah agar tidak digunakan berlebihan.

Mengingat harga alat bantu medis seperti sepasang tongkat kruk ini cukup tinggi biayanya, Anda bisa melakukan penyewaan sepasang tongkat kruk di rumahmedis.com. Tempat sewa alat medis ini bisa dipesan secara online dan tersedia di beberapa provinsi, seperti Karawang, Yogyakarta, Solo, Klaten, Mojokerto, Malang, Sidoarjo, hingga Surabaya.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Artikel terkait

Sewa oxymeter digital medis murah

Sewa Oxymeter Digital

Sewa oxymeter digital kualitas medis Murah untuk mengukur kadar oksigen dalam darah, kualitas medis dan mudah digunakan. Proses sewa cepat dan murah

Sewa Tensimeter Digital Murah

Sewa Tensimeter Digital Murah

Sewa tensimeter digital murah untuk mengukur tingkat tekanan darah secara digital. Kualitas medis, membaca lebih akurat, penggunaan mudah

Hubungi Kami

rumahmedis.com buka:
Senin – Jumat
09.00 – 17.00 WIB

Cabang rumahmedis.com :
Surabaya, Yogyakarta, Solo, Malang, Sidoarjo, Klaten, Mojokerto, Karawang

Pembayaran

pembayaran sewa alat medis

Pengiriman

pengiriman menggunakan kurir toko

Produk dirikim oleh kurir kami yang berpengalaman, serta dibersihkan sebelum dikirim.

© Copyright 2020 – rumahmedis.com