Tips Pemulihan Patah Kaki Agar Bisa Jalan Normal

Langkah Pemulihan Patah Kaki Agar Bisa Jalan Normal

Anda yang membaca artikel ini mungkin sedang mengalami pemulihan patah kaki. Mengalami patah tulang kaki mungkin memang kurang menyenangkan, karena pemulihannya membuat aktivitas yang biasa dijalankan sehari-hari menjadi terhambat. Terlebih lagi, kaki merupakan anggota gerak yang selalu digunakan untuk beraktivitas. Rasanya pasti ingin cepat sembuh dan kembali bisa berjalan normal.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami patah tulang kaki, mulai dari kecelakaan, cedera olahraga, hingga salah gerak yang tanpa sadar menimbulkan cedera patah tulang kaki. Cedera patah tulang kaki seperti ini bisa membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pulih. Lantas, berapa lama waktu yang dibutuhkan agar kaki kembali bisa digunakan secara normal pasca patah?

Cedera patah tulang kaki bisa membutuhkan waktu pemulihan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan untuk betul-betul bisa kembali normal fungsinya. Beberapa faktor yang membedakan waktu proses pemulihan, di antaranya lokasi patah tulang, bentuk patahan, usia pasien, tingkat keparahan patahan, hingga kerusakan apa saja yang terjadi di sekitar lokasi patah tulang.

Pengidap patah tulang kaki baru benar-benar dinyatakan sembuh, apabila bagian yang mengalami patah tulang sudah kembali tersambung dengan sempurna atau garis-garis halus patahannya sudah benar-benar hilang. Biasanya patah kaki pada anak-anak lebih cepat pulih dari orang dewasa. Lantas, bagaimana proses pemulihan patah kaki yang bisa dilakukan?

  1. Konsumsi makanan tinggi kandungan nutrisi
makanan nutrisi tinggi baik untuk patah tulang

Mengkonsumsi makanan tinggi nutrisi sangat baik untuk mempercepat proses pemulihan pada tulang yang patah. Tambahkan asupan yang dibutuhkan tubuh, seperti makanan yang mengandung antioksidan, protein tinggi, kalsium, zinc atau seng, vitamin C untuk anti inflamasi, serta vitamin D dan K yang ada pada ikan dan kacang-kacangan, untuk mengembalikan fragmen-fragmen yang hilang pada tulang yang patah.

  • Hati-hati saat bergerak

Baik patah tulang parah ataupun ringan, penting untuk pasien patah tulang betul-betul memperhatikan gerakannya. Lakukanlah aktivitas secara perlahan dan jangan terlalu banyak bergerak agar tidak menimbulkan masalah baru yang semakin memperparah patah tulang kaki, terutama pada cedera-cedera baru yang masih tahap awal dalam proses pemulihan. Jika Anda mulai merasakan sakit atau bengkak, segeralah beristirahat.

  • Rutin periksakan ke dokter
patah tulang harus sering konsultasi ke dokter

Tujuan dari proses pemulihan, tentu saja mengurangi rasa sakit dan mengembalikan fungsi kaki kembali normal pasca dilakuakan tindakan oleh tenaga medis. Namun, bukan berarti pasca tindakan oleh dokter, kaki pasca patah bisa langsung difungsikan normal kembali. Rutinlah memeriksakan kondisi kaki ke dokter agar dapat berkonsultasi mengenai strategi terbaik untuk mempercepat proses penyembuhan.

  • Lakukan terapi fisik
terapi fisik untuk patah tulang

Sebagai tahap lanjutan pemulihan, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk terapi fisik. Jika mengalami patah tulang sederhana, terapi fisik mungkin saja dilakukan di rumah. Namun, dalam kasus patah tulang parah, Anda diharuskan melakukan terapi oleh ahli terapi fisik di rumah sakit. Proses ini mungkin akan menyakitkan dan melelahkan, tetapi sangat berguna.

  • Perhatikan betul gejala yang tidak biasa

Sangat penting untuk selalu peka terhadap rasa sakit yang dialami. Sebab, ada saja kemungkinan komplikasi pada kaki yang patah selama proses pemulihan, khususnya pada pasien cedera patah tulang parah. Hubungi dokter segera jika Anda mengalami demam, perubahan warna pada kaki, pembengkakan dan nyeri berlebihan, kesemutan, bahkan mati rasa.

  • Gunakan alat bantu medis selama proses pemulihan
gunakan alat bantu medis seperti tongkat kursi roda untuk patah tulang kaki

Untuk meminimalisir rasa nyeri dan mempercepat kesembuhan, dokter mungkin akan menyarankan alat bantu medis selama proses pemulihan seperti tongkat bantu jalan ataupun kursi roda. Tujuannya adalah agar kaki yang patah tidak menopang beban terlalu berat dan memungkinkan terjadinya cedera lanjutan. Sehingga, diperlukan penyangga agar patahan kembali tersambung secara sempurna seperti sediakala dengan tidak memberikannya beban yang berat.

Seperti yang telah disebutkan, beberapa langkah tersebut bisa dilakukan oleh pasien selama proses pemulihan hingga tulang kaki bisa digunakan normal kembali. Langkah keenam adalah yang paling umum dan selalu dilakukan jika terjadi patah tulang kaki, yaitu menggunakan alat bantu medis. Alat yang bisa digunakan adalah tongkat bantu berjalan seperti tongkat kruk atau biasa juga disebut tongkat ketiak.

Tongkat berjalan dapat digunakan untuk nyaris semua masalah cedera kaki, termasuk patah tulang kaki yang cukup parah. Tongkat ini akan membantu Anda bergerak tanpa membebani kaki yang patah, sehingga dapat memberikan waktu cedera patah kaki untuk sembuh lebih cepat. Anda bisa mendapatkannya dengan membeli di tempat alat medis ataupun sewa di tempat sewa alat medis khusus.

Namun demikian, mengingat harga tongkat kruk yang tidak murah dan hanya digunakan selama pemulihan patah tulang kaki, sebaiknya Anda sewa tongkat bantu jalan. Anda bisa menyewa alat medis tongkat bantu jalan di rumahmedis.com yang tersedia di beberapa provinsi, seperti Karawang, Yogyakarta, Solo, Klaten, Mojokerto, Malang, Sidoarjo, hingga Surabaya.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Artikel terkait

Sewa oxymeter digital medis murah

Sewa Oxymeter Digital

Sewa oxymeter digital kualitas medis Murah untuk mengukur kadar oksigen dalam darah, kualitas medis dan mudah digunakan. Proses sewa cepat dan murah

Sewa Tensimeter Digital Murah

Sewa Tensimeter Digital Murah

Sewa tensimeter digital murah untuk mengukur tingkat tekanan darah secara digital. Kualitas medis, membaca lebih akurat, penggunaan mudah

Hubungi Kami

rumahmedis.com buka:
Senin – Jumat
09.00 – 17.00 WIB

Cabang rumahmedis.com :
Surabaya, Yogyakarta, Solo, Malang, Sidoarjo, Klaten, Mojokerto, Karawang

Pembayaran

pembayaran sewa alat medis

Pengiriman

pengiriman menggunakan kurir toko

Produk dirikim oleh kurir kami yang berpengalaman, serta dibersihkan sebelum dikirim.

© Copyright 2020 – rumahmedis.com